Curug Silawe – Magelang

Nama Borobudur, Kyai Langgeng, dan Ketep pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Objek wisata di kabupaten Magelang itu begitu terkenal bahkan ada yang dikenal sampai tataran internasional. Tapi bisa jadi objek wisata yang juga berada di kabupaten Magelang ini belum Anda kenal, Curug Silawe.

Curug berasal dari bahasa Sunda dan berarti air terjun, sedangkan Silawe sendiri katanya berasal dari kata Lawe yang dalam bahasa jawa berarti sarang laba-laba. Di objek wisata ini Anda akan disuguhi 2 buah curug sekaligus, yaitu Curug Silawe dan Curug Gong. Jarak kedua curug yang berada di lereng Gunung Sumbing tersebut tidak terlalu jauh. Dari segi debit air, memang curug Silawe dengan ketinggian 30 m itu lebih unggul tapi dari segi keindahan, Curug Gong tidak kalah indah. Sejuk segarnya udara, eksotisnya suasana alam, rimbunnya pepohonan, dan gemercik air yang menyejukkan hati merupakan suguhan menarik sebagai pengobat kepenatan setelah menjalani rutinitas kerja.

Jika pergi ke objek wisata ini jangan lupa membawa baju ganti karena biasanya setelah melihat air terjun akan muncul keinginan berbasah-basah ria dan anda tidak perlu khawatir karena di objek wisata ini juga tersedia kamar mandi . Sebuah warung makanan kecil juga siap memberikan pertolongan pertama di saat perut keronc ongan. Bagi Anda yang beragama Islam tetap bisa menjalankan sholat, karena tidak jauh dari air terjun ini terdapat sebuah mushola kecil. Yaah lumayan lengkaplah untuk sebuah objek wisata yang baru mulai diperkenalkan tahun 2006.

Curug Silawe ini terletak di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Dari Yogyakarta Anda bisa mengambil jalan ke arah Borobudur, Dari parkiran Borobudur ikuti jalan ke arah Salaman, lurus terus sampai bertemu pertigaan ke arah Kali Angkrik. Di pertigaan tersbut ambil jalan arah ke Kali Angkrik. Setelah sampai di Pasar Kajoran tinggal tanya pada penduduk sekitar. Untuk menuju ke objek wisata ini Anda memang harus bertanya karena sepanjang jalan ke sana tidak kami temui papan petunjuk arah menuju objek wisata ini. Bahkan warga Kajoran pun ada yang tidak mengetahui adanya Curug Silawe ini. Untuk mencapai objek wisata ini kurang lebih membutuhkan waktu 1,5 jam dengan jarak tempuh 50 Km terhitung dari perbatasan jembatan Kali Krasak yang berada dijalan Jogja – Magelang. Memang lumayan jauh, tapi perjuangan Anda akan terbayar dengan suguhan keindahan Curug Silawe. Have a nice trip.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s